Desa Jadi Salah Satu Skala Prioritas Pembangunan di Jabar

2019-09-16 10:01:22 - By administrator


Caption: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Anugerah Desa Maju 2019 di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Rabu (4/9/19).


KAB. KUNINGAN -- Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) fokus terhadap program pembangunan di perdesaan.


Pasalnya, desa menjadi salah satu skala prioritas dalam pembangunan di Jawa Barat. "Desa adalah ujung tombak dalam pembangunan," ucap Uu saat menghadiri Anugerah Desa Maju 2019 di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Rabu (4/9/19).


"Oleh karena itu, desa terus kami picu karena saat ini desa menjadi pusat program pembangunan. Bagi kami, desa menjadi skala prioritas dalam pembangunan di Jawa Barat," tambahnya.


Untuk mendorong pembangunan di desa, lanjut Uu, Pemdaprov Jabar pun menggulirkan berbagai program, antara lain program One Pesantren One Product (OPOP), Desa Digital, hingga Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).


Terkait OPOP, Pemdaprov Jabar telah memberikan bantuan modal hingga pelatihan kepada 1.074 pesantren yang lolos audisi Tahap I. Untuk Desa Digital, Pemdaprov Jabar mendorong pemanfaatan teknologi digital berbasis aplikasi untuk usaha desa.


Sementara melalui program Gerbang Desa, Pemdaprov Jabar terus mendorong pembangunan irigasi dan kebutuhan infrastruktur desa lainnya.

Uu juga berpesan kepada para kepala desa untuk memperhatikan program pembangunan moral dan akhlak masyarakat. 


"Disamping memperjuangkan pembangunan sarana dan prasarana, tolong tentang keimanan dan ketaqwaan masyarakat yang bapak (kepala desa) pimpin tolong dijaga," imbau Uu.


Hadir di Kab. Kuningan, Uu memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Anugerah Desa Maju 2019 yang digagas Harian Umum (HU) Fajar Cirebon. Menurut Uu, hal tersebut menjadi bagian dari kerja sama unsur Pentahelix antara pemerintah dan media.


"Ini (Anugerah Desa Maju) sangat baik untuk penilaian desa. Dengan adanya penilaian ini ada semangat, gairah, untuk memajukan desanya. Jadi, saya ucapkan terimakasih," ucap Uu.


"Apalagi yang namanya media adalah hal yang sangat penting dalam proses pembangunan. Kalau tidak ada media program-program pemerintah tidak akan sampai ke masyarakat. Tapi dengan adanya media keinginan masyarakat pun tersampaikan kepada kami," katanya.


Anugerah Desa Maju menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Kuningan. Acara ini dilakukan untuk menggugah semangat elemen pemerintahan di Kuningan dalam mewujudkan visi misinya, yaitu Mandiri Agamis dan Pinunjul (Maju) Berbasis Desa Tahun 2023. 


Selain itu, apresiasi juga dilakukan untuk mengukur sejauh mana perkembangan pembangunan selama hampir satu tahun sejak Desember 2018.


Penganugerahan juga dilakukan dalam rangka pemetaan potensi-potensi desa di Kab. Kuningan. Harapannya, pemetaan tersebut bisa menjadi pedoman pembangunan desa sesuai dengan potensi yang dimiliki.


Direktur Utama HU Fajar Cirebon Dea Angkasa Putri berujar, pelaksanaan Anugerah Desa Maju 2019 adalah gelaran edisi perdana. Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara HU Fajar Cirebon dengan Pemda dan instansi vertikal di Kab. Kuningan.


Menurut Dea, desa merupakan ujung tombak pembangunan dari sebuah negara. Sedangkan media berperan bukan hanya sebagai kontrol sosial atau kritik terhadap pemerintah, namun juga perlu memberikan apresiasi terhadap kinerja yang sudah dilakukan pemerintah.


"Kami berfikir bahwa peran media cetak bukan hanya sosial control, atau bukan kritik saja. Tapi kita juga harus lebih mengapresiasi kinerja pemerintahan desa yang ada di Indonesia khususnya di Kuningan," tutup Dea.


Berikut 14 nominasi dalam Anugerah Desa Maju 2019:

(1) Desa Maju Bidang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

(2) Desa Maju Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

(3) Desa Maju Bidang Keluarga Berencana

(4) Desa Maju Bidang Kesehatan

(5) Desa Maju Bidang Ekonomi Kreatif

(6) Desa Maju Bidang Pariwisata

(7) Desa Maju Bidang Lingkungan

(8) Desa Maju Bidang Peternakan

(9) Desa Maju Bidang Pertanian

(10) Desa Maju Ramah Ibu dan Anak

(11) Desa Maju Bidang Investasi

(12) Desa Maju Bidang Kesadaran Hukum

(13) Desa Maju Taat Pajak, dan 

(14) Desa Maju Bidang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

-------------------

HUMAS JABAR

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jabar

Hermansyah

share to:
Continue Reading
2019-10-20 23:42:03

WIJS 2019 Sukses Cetak Investasi Rp53,8 Triliun

READ NEWS
2019-09-26 08:22:31

Gubernur Jabar: Pembangunan Kawasan Rebana Dimulai

READ NEWS
2019-09-26 08:17:16

Ekonomi Kreatif Dorong Pembangunan Wilayah Provinsi Jawa Barat

READ NEWS
2019-09-16 10:01:22

Desa Jadi Salah Satu Skala Prioritas Pembangunan di Jabar

READ NEWS

Start investing in West Java

Thousands of opportunity awaits, explore now to learn more.

START NOW

What West Java offers?

Infrastructure Investment

These investment incentives and scheme is specifically designed to encourage potential investors and thus reap the positive effects of foreign direct investments (FDI).

Industries & New Town

West Java is expanding its industries in the future that will impact millions of people, one of the projects are Rebana Golden Triangle and more.

Special Economic Zone

With seven locations in West Java Developed as Special Economic Zone with a helpful Incentives and Convenience for investment.

Trading Commodities

Explore various resources that are avalaible in West Java from geothermal to its famouse cofee and tea.

Tourism Investment

With a widely known beauty in the land of Pasundan, explore many opportunities for investment.

West Java Digital VIllage

Helping millions empower themselves by implementing internet and tech into the community.

Development & Social Program

Besides infrastructure development, human resources are essential in supporting West Java's stable growth.

West Java & National State-Owned Enterprise

West Java & National State-Owned Enterprise in various sector ensure the inclusiveness and impact for the society.